SEKILAS INFO
: - Monday, 20-09-2021
  • 5 bulan yang lalu / KEEP SAFE , JAGA KESEHATAN DAN JAGA JARAK , SELALU CUCI TANGAN DAN GUNAKAN MASKER
  • 10 bulan yang lalu / SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMAN 1 BONTI
Pengertian Adil

Adil. tidak berat sebelah, tidak memihak, berpihak kepada yang benar, berpegang pada kebenaran, tidak sewenang wenang, tidak zalim, seimbang, dan sepatutnya.

Kata adil berasal dari kata al-‘adl yang mempunyai banyak arti. bahkan, al-‘adl adalah juga salah satu dari nama-nama Allah SWT dalam asmahul husna yang berjumlah 99.

adil di dalam ajaran islam ada dua macam. pertama, adil mutlak, yang tidak terikat. dalam pengertian ini, manusia sangat membutuhkan funsgi akal untuk mengetahui kebaikan atau keadilan itu. adil dalam pengertian ini lebih dekat pada pengertian kebaikan atau kebenaran. karena tidak terikat(mutlak), adil dalam pengertian ini tidak pernah dihapuskan hukumnya sepanjang masa, dari satu syariat (agama Allah SWT) ke syariat yang lain.

adil ini tidak sama dengan balas-membalas. karenanya, apabila seseorang membunuh bukan berarti dia juga harus dibunuh. kedua, adil yang hanya diketahui melalui al-Quran atau hadis Nabi Muhammad SAW.

keadilan dalam islam merupakan kewajiban agama. pentingnya sikap dan sifat adil dalam isalm dapat dilihat dari hadis Nabi SAW: “ilmu itu ada tiga, diantaranya adalah kewajiban berlaku adil dalam membagi” (HR.Abu Dawud dan Ahmad bin Hanbal)

TINGGALKAN KOMENTAR